Wednesday, March 25, 2020

Komponen AC (Air Conditioner)


Agar AC (Air Conditioner) dapat berkerja maka AC (Air Conditioner) di dukung oleh beberapa komponen yakni .


1.Komponen Utama AC  (Air Conditioner)

Komponen utama dalam sebuah AC adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu udara, terdiri dari kondensator, kompresor, evaporator, dan pipa kapiler. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan fungsi keempat komponen utama tersebut.

a. Kondensator

Kondensator berfungsi untuk menukar kalor, mengubah wujud refrigeran dari gas menjadi cair, dan menurunkan suhu refrigeran. Pipa kondensator dibuat berliku-liku dan dilengkapi sirip. Kondensator diletakkan di luar ruangan agar dapat melepaskan panas pada refrigeran ke udara bebas.

b. Kompresor

Kompresor berguna untuk mengedarkan dan memompakan refrigeran ke seluruh bagian AC yang cara kerjanya mirip dengan jantung pada manusia. Kompresor dilengkapi dua buah pipa, yaitu pipa hisap dan pipa tekan serta memiliki dua tekanan, yaitu tekanan rendah dan tinggi.

c. Evaporator

Evaporator berfungsi menyerap dan mengalirkan panas dari udara ke refrigeran sehingga refrigeran berubah dari cair menjadi gas setelah melalui pipa kapiler. Evaporator mengambil udara panas dari ruangan yang kemudian melewati sirip-sirip pipa sehingga suhunya turun.

d. Pipa Kapiler

Pipa kapiler juga merupakan komponen yang sangat penting di dalam AC karena berfungsi menurunkan tekanan dan mengatur aliran refrigeran ke evaporator. Penurunan tekanan refrigeran menyebabkan suhunya juga ikut turun dan inilah yang menyebabkan udara yang keluar dari AC bersuhu rendah.


2. Komponen Pendukung

Selain komponen utama yang berfungsi mendinginkan udara, AC juga dilengkapi komponen-komponen lain untuk mendukung kerja AC. Berikut ini jenis komponen pendukung AC dan fungsinya.

Strainer: menyaring kotoran yang terbawa di dalam refrigeran.
Accumulator: menampung sementara refrigeran cair bersuhu rendah dan campuran pelumas evaporator, serta menjaga agar aliran refrigeran menuju kompresor tetap lancar.
Blower: mengisap udara panas dari ruangan dan mengembuskan udara dingin kembali ke ruangan.
Fan (kipas): membantu kondensator membuang panas ke udara luar.

3. Komponen Kelistrikan
Karena AC bekerja menggunakan tenaga listrik, maka dibutuhkan pula komponen kelistrikan yang memiliki berbagai fungsi sebagai berikut.


Termostat: mengatur suhu ruangan secara otomatis agar sesuai dengan perintah pada remote
Kapasitor: menyimpan daya listrik sementara agar ketika dinyalakan, AC sudah memiliki energi untuk menghidupkan mesin.
Overload: memutuskan aliran listrik pada kompresor jika kerja kompresor terganggu, mati, kekurangan oli, atau kekurangan refrigeran.
Motor listrik: mengubah energi listrik menjadi energi mekanik pada kipas AC.

4. Refrigeran
Refrigeran adalah zat yang mengalir dalam sistem AC dan berfungsi sebagai pendingin. Saat AC bekerja, refrigeran berubah wujud secara terus menerus antara cair dan gas untuk menghasilkan udara dingin.


Kami jasa Service AC Serang, Cilegon , Merak sekitarnya . Siap memberikan service AC buat Perusahaan maupun perumahan .
Hub. 082125432398

Jasa Service AC Serang, Jasa Service AC Cilegon, Jasa Service AC Merak, Bersih AC , Jasa Service Air Conditioner Serang,Jasa Service Air Conditioner Cilegon, Jasa Service Air Conditioner Merak. Perbaikan AC, Ganti AC Lama ke AC Baru, Jasa Bongkar AC Merak, Jasa Bongkar AC Cilegon,Jasa Bongkar AC Serang.


service ac serang, service ac kota serang, service ac serang kota, jasa service ac serang, service ac di kota serang, jasa pasang ac di serang,ac service, service ac terdekat, jasa service ac,servis ac, cuci ac, jasa pasang ac, jasa cuci ac, harga service ac, service ac rumah terdekat, harga pasang ac, service ac rumah, biaya service ac, cuci ac terdekat, service ac kemang, harga service ac mobil, tukang ac terdekat, biaya bongkar pasang ac, bongkar pasang ac, ongkos pasang ac, jasa service ac terdekat, harga bongkar pasang ac, jasa cuci ac terdekat, harga cuci ac, service ac daikin, jasa bongkar pasang ac, biaya cuci ac,tukang service ac,daftar harga service ac 2019,jasa pemasangan ac,tambah freon ac,service ac murah,service ac fatmawati,harga jasa pasang ac,service ac , anasonic,biaya bongkar pasang ac 2019,perbaikan ac,harga tambah freon ac,tukang service ac terdekat,ganti freon ac,biaya pasang ac rumah,biaya perbaikan ac mobil,biaya tambah freon ac,
tukang ac mobil terdekat,biaya servis ac,daftar harga service ac 2020

No comments:

Post a Comment